Senin, 14 Desember 2009

Modifikasi Blog

Banyak bagian dari blog yang bisa kita modifikasi atau dengan kata lain bisa kita utak-atik. Mendesain blog sesuai keinginan kita, mengatur tata letak hingga menambah beberapa accesories dapat kita lakukan agar blog kita semakin menarik dan berfungsi sesuai kebutuhan kita...
1. Dasbor/dashboard/control panel
Dasbor adalah pusat pengaturan dari blog. Melalui dasbor ini kita bisa memodifikasi blognya kita, seperti mengedit tulisan, mengganti template, edit profil dan lainnya. Berikut cara masuk ke dasbor blog : Buka www.blogger.com kemudian pada menu login masukkan email dan password yang sudah  terdaftar di blogger. Nah…sekarang kamu sudah masuk ke dasbor atau control panelnya blogger.
 

2. Posting/membuat tulisan baru
Cara membuat tulisan baru pada blog : masuk ke halaman dasbor >  klik entri baru. Pada judul, isilah judul tulisan yang akan dibuat dan pada kotak di bawahnya mulailah menulis.
Jika sudah selesai klik terbitkan entri. 
3. Edit Posting
Jika ingin mengedit tulisan yang kamu buat, masuk ke dasbor kemudian klik edit entri. Disitu kamu bisa memilih apakah kamu ingin edit atau hapus tulisan yang sudah kamu buat.
Jika sudah selesai mengedit klik terbitkan entri. 
4. Mengganti Template
Ingin mengganti template blog kamu?? Caranya gampang kok
masuk ke halaman dasbor > klik tata letak > pilih template baru pilih template yang kamu sukai kemudian simpan template. Kalau ingin menggantinya dengan tenplate yang lain ada ga??? Tenang saja, ada kok.  Ada banyak situs-situs di internet yang menyediakan template gratis. Salah satunya kamu bisa buka di www.btemplates.com.
Caranya???
Masuk ke www.btempaltes.com , pilih template yang kamu sukai kemudian klik download. Tentukan tempat file itu akan kamu simpan selanjutnya klik save file. Setelah selesai, file yang kamu download tadi harus kamu ekstrak dengan cara klik kanan kemudian pilih extract  here maka hasil ekstraksi akan muncul. Sekarang yang harus dilakukan adalah memasang ekstrak tersebut pada blog. Masuk ke dasbor > tata letak > edit HTML. Klik browse dan cari hasil ekstract tadi. Masukkan kemudian klik unggah. Setelah selesai klik konfirmasi & simpan.
Klik lihat blog dan lihat hasilnya….
5. Edit Profil
Kamu ingin profil atau foto kamu tampil di blog kamu?? Caranya mudah : masuk ke dasbor > pilih edit profil selanjutnya isilah form yang telah disediakan untuk mengganti foto, pada url foto klik browse > cari fotonya  kemudian open. Jika semuanya telah selesai klik simpan profil. Untuk melihat editan profil tadi lihat profil yang telah diperbaharui.
Tadaaaaa…sekarang orang lain bisa melihat siapa pemilik dari blog tersebut ^^
6. Modifikasi Warna
Kamu bisa mengubah tampilan warna pada blog kamu seperti warna judul blog, judul artikel, isi artikel dan lainnya.
Masuk ke Dasbor > tata letak > Font dan warna. Pilih warna yang kamu sukai dan lihat perubahannya pada kotak di bawahnya.
Jika sudah selesai klik simpan perubahan




                Tidak ada komentar:

                Posting Komentar